Universitas Baturaja (Unbara) didirikan pada tanggal 8 Juli 1999 dengan izin operasional Nomor: 111/D/O/1999. Seiring dengan perkembangan dan menghadapi otonomi daerah, maka mau tidak mau setiap daerah harus memiliki sumber daya manusia yang cakap dan professional di semua aspek pembangunan untuk dapat menjalankan roda pembangunan, menggali potensi daerah dan memanfaatkannya secara kreatif, inovatif, berkualitas, arif dan bertanggung jawab terhadap sumber daya alam yang dimiliki dan dikuasainya. Kebutuhan akan sumber daya manusia yang terampil tersebut harus dapat dipenuhi sendiri oleh daerah melalui pendidikan dan latihan karena dalam otonomi daerah, memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dari luar akan menjadi sangat mahal dan menjadi permasalahan tersendiri bagi daerah-daerah yang tergolong  kurang  mampu. Untuk itu daerah harus mampu berswasembada dalam memenuhi tenaga kerja yang dibutuhkan.

Berdasarkan Rencana Strategis Universitas Baturaja dan Rencana Operasional Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja, dimana rencana untuk pengembangan pembukaan program studi baru tersebut telah direncanakan sebelumnya, dimana data tersebut telah tergambar pada studi kelayakan yang dilakukan Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja sebelumnya. Sumber daya tenaga pengajar yang tersedia untuk menyelenggarakan proses belajar dan mengajar pada Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja adalah sebanyak 7 (tujuh) orang yang mempunyai kualifikasi pendidikan S-2 dengan latar belakang keahlian Teknik Informatika. Banyaknya tenaga pengajar yang mempunyai latar pendidikan teknik informatika, merupakan modal yang cukup kuat bagi Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja untuk mengembangkan institusinya dengan mendirikan program studi baru, yaitu: Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja.

Demikian pula dengan jumlah tenaga administrasi yang berjumlah 4 (empat) orang yang berkualifikasi pendidikan S-1 dan D-3 yang dapat menunjang pelaksanaan proses pembelajaran yang sudah ada. Kinerja dan kualitas yang telah dicapai oleh Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja selama ini menarik peminat untuk masuk pada Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja. Selama lima tahun terakhir, jumlah peminat selalu mengalami peningkatan. Berdasarkan pertimbangan ketersediaan sumber daya manusia yang cukup banyak dan berkualitas, terpeliharanya kinerja dan produktivitas yang telah terbentuk, serta dengan adanya peningkatan jumlah peminat yang akan masuk pada Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja, maka perlunya dibuka Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja dengan berdasarkan hukum penyusunan meliputi:

  1. Akta Notaris Pendirian Perguruan Tinggi;
  2. Surat Persetujuan Badan Penyelenggara atas pembukaan Program Studi (PTS);
  3. Izin Pendirian Perguruan Tinggi;
  4. Surat Rekomendasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi;
  5. Surat Persetujuan Badan Penyelenggara atas pembukaan Program Studi (PTS);
  6. Surat Pertimbangan Senat Perguruan Tinggi;
  7. Pakta Integritas;
  8. Scan. Surat penyataan Calon Dosen Tetap tentang kesediaan menjadi CalonDosen Tetap dan bersedia bekerja nuh waktu selama 35,7 jam perminggu untuk kegiaan Tri Dharma Perguruan Tinggi;
  9. Scan. Surat Persetujuan Pimpinan Perguruan Tinggi tentang status sebagai Dosen Teta Prgram Studi yang diusulkan;
  10. Scan. Ijazah, Transkrip Nilai dan NIDN asli dari Calon Dosen Tetap.