A. PROFIL LULUSAN

Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja dalam menyusun Capaian Pembelajaran, menggunakan beberapa tahapan, misalnya profil lulusan program studi Informatika seperti pada tabel 1 profil lulusan dan deskripsi profil dengan merujuk SN-Dikti, deskriptor KKNI, dan deskripsi profil. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

Tabel 1: Profil Lulusan dan Deskripsi Profil

NoProfil Lulusan Program Studi  InformatikaDeskripsi Profil Lulusan
(1)(2)(3)
1Pengembang Perangkat Lunak (Software Developer);Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan perangkat lunak sebagai solusi kebutuhan suatu organisasi/instansi berbasis komputasi bergerak dan jaringan komunikasi data;
2System Administrator seperti Network administrator dan Database administrator;Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan metode teknis dalam mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan jaringan komputer maupun database sesuai kebutuhan perusahaan / instansi;  
3Wirausahawan berbasis teknologi / Technopreneur.Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa wirausaha bidang teknologi informasi dan komputasi, mampu membangun dan mengembangkan usaha mandiri berbasis teknologi komputer yang memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat.  

Dari tabel diatas dapat diuraikan kembali mengenai hubungan antara profil lulusan dan kompetensi lulusan, dimana tabel 2 ini menjelaskan lebih detail mengenai profil lulusan dengan pengetahuan apa yang harus dicapai dan keterampilan apa yang harus dimiliki oleh luaran lulusan program studi Informatika ini berdasarkan profil lulusan yang ada. Berikut ini penjelasannya:

B. RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAARAN LULUSAN PROGRAM STUDI

Untuk mendukung terpenuhinya profil lulusan, maka capaian pembelajaran lulusan yang ditetapkan oleh Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja telah merujuk kepada jenjang kualifikasi KKNI, SNDikti, dan SKKNI / Asosiasi Profesi APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer), yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus, tergambar pada tabel 3, sebagai berikut:

Tabel 3: Rumusan Capaian Pembelajaran

NoCapaian Pembelajaran (CP)    
(1)(2)
IASPEK SIKAP
1Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.    
IIASPEK PENGETAHUAN
1Menguasai konsep teoritis yang berkenaan dengan aplikasi matematika dan desain algoritma dan pemrograman perangkat lunak yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak berbasis stand alone maupun client server;
2Mengetahui konsep dan prinsip desain, dan algoritma fundamental yang berkaitan dengan struktur data dan manipulasinya, bahasa-bahasa pemrograman, arsitektur dan organisasi komputer, sistem operasi komputer, serta jaringan komputer sehingga mampu melakukan tahapan pengujian perangkat lunak dan menyelesaikan masalah rekayasa perangkat lunak;
3Menguasai pengetahuan tentang teknik komputasi dan standar yang berlaku dalam menyelesaikan masalah rekayasa dalam membangun rekayasa perangkat lunak dan jaringan;
4Menguasai prinsip dan issue terkini dalam masalah ekonomi dan sosial secara umum dalam menangkap kebutuhan sistem yang digunakan dalam penerapan teknologi informasi;
5Menguasai pengetahuan tentang teknik berkomunikasi yang baik sebagai keterampilan soft skill dalam berinteraksi da bersosialisasi;
6Menguasai prinsip dan tata cara mengenali kebutuhan untuk dan mendemonstrasikan kemamuan dalam melanjutkan pengembangan diri (belajarsepajang hayat);
7Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi informasi dan komputasi yang terbaru dan terkini;
8Menguasai prinsip dan tata cara kerja di laboratorim komputer, serta pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja(K3);
9Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer /Informatika secara umum dan konsep teoritis pada bidang Network, Data Solution, Artificial Intelegensi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural;
10Memiliki pengetahuan dan keahlian sebagai seorang System Administrator dalam bidang network administrator, database administrator, data analyst;
11Memiliki pengetahuan terkait dengan cara kerja sistem komputer dan mampu merancang dan mengembangkan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah;
12Mempunyai pengetahuan dalam mengembangkan algoritma/metode yang diimplementasikan dalam perangkat lunak berbasis komputer.
13Menguasai konsep dan prinsip-prinsip grafika komputer meliputi pemodelan, animasi dan visualisasi, serta menguasai konsep dan prinsip-prinsip interaksi manusia dan komputer.    
IIIASPEK KETERAMPILAN UMUM
1Mempunyai kemampuan dalam mendefinisikan kebutuhan pengguna atau pasar terhadap kinerja (menganalisis, mengevaluasi dan mengembangkan) algoritma/metode berbasis komputer;
2Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;  
3Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
4Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
5Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
6Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
7Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
8Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
9Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
10Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi;
11Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
12Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya;
13    Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewirausahaan berbasis teknologi.    
IVASPEK KETERAMPILAN KHUSUS
1Mampu mengimplementasikan konsep dan teori dasar komputasi dengan cara menerapkannya dalam berbagai area yang berkaitan dengan sistem komputasi untuk mendukung, memodelkan, dan mengatasi berbagai masalah yang berkaitan degan logika;
2Mampu mengembangkan sistem dengan cara melakukan perencanaan, analisis, desain, penerapan, pengujian, dan pemeliharaan sistem untuk menghasilkan sebuah solusi yang relevan, akurat, dan tepat sesuai dengan kebutuhan pengguna;
3Mampu menguasai algoritma dan kompleksitas dengan cara mempelajari konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan, dan menganalisis algoritma yang digunakan untuk pemodelan dan desain sistem berbasis komputer;
4Mampu memanfaatkan pengetahuan dibidang sistem cerdas yang dimiliki terkait dengan pengembangan sistem cerdas yang dapat mempelajari pola data, mengekstrak informasi, kemampuan belajar, dengan tujuan untuk menghasilkan solusi yang dapat diterima secara optimal;
5Mampu merancang dan membangun suatu sistem dengan menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi objek untuk menyelesaikan masalah;
6Mampu membangun sistem jaringan komputer dan sistem keamanannya dengan cara menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan solusi yang tepat untuk menunjang aplikasi komputer dan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada;
7Memiliki pengetahuan terhadap alat bantu, pre-processing, pemrosesan dan post-processing terhadap data dengan melakukan analisis, memodelkan masalah dan mengimplementasikan solusi yang tepat terkait dengan pemrosesan data berbasis sistem cerdas untuk menghasilkan sistem cerdas yang adaptable, efektif, efisien, aman, dan optimal;
8Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk berbagai keperluan dalam bidang Network, Network Security, Data Solution, dan Artificial Intelligence;
9Mampu menganalisa, merancang dan membangun perangkat lunak dengan menggunakan prinsip-prinsip proses rekayasa perangkat lunak untuk menghasilkan perangkat lunak yang memenuhi kualitas baik secara teknis dan manajerial;
10Mampu merancang dan menganalisa algoritma untuk menyelesaikan permasalahan secara efektif dan efisien berdasarkan kaidah-kaidah pemrograman yang kuat, serta mampu mengaplikasikan model-model pemrograman yang mendasari berbagai bahasa pemrograman yang ada, serta memilih bahasa pemrograman untuk menghasilkan aplikasi yang sesuai;  
11Memiliki kemampuan sebagai tenaga profesional System Administrator pada bidang Network Specialist atau sebagai seorang Database Administrator pada bidang Data Solution Specialist, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan Dunia Industri;
12Mampu merancang dan menghasilkan sebuah inovasi dalam bidang kewirausahaan yang berbasis teknologi atau sebagai Technopreneur dalam rangka menciptakan knowledge based economy masyarakat sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.